Enam Negara Eropa Siap Pakai Pola Barter Dengan Iran

Enam Negara Eropa Siap Pakai Pola Barter Dengan Iran

Enam negara anggota Uni Eropa akan turut memakai pola barter lewat instrumen untuk memberi dukungan perdagangan dengan Iran (Instrument in Dukungan of Trade Exchange/INSTEX). Ke enam negara, Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, serta Swedia, akan ikuti jejak Perancis, Jerman serta Inggris yang disebut pencetus instrumen itu itu. Awalnya, INSTEX direncanakan membuat perlindungan perdagangan dengan Iran ditengah-tengah pengenaan sangsi Amerika Serikat (AS). Pengenaan sangsi AS pada Iran adalah resiko dari mundurnya AS dari persetujuan nuklir Iran pada tahun kemarin.

Jadi pencetus pemilikan saham INSTEX, Perancis, Jerman serta Inggris menyongsong dengan hangat ketetapan Belgia, Denmark, Finlandia, Belanda, Norwegia, serta Swedia, untuk masuk dengan INSTEX jadi pemegang saham,” seperti diambil dari pengakuan bersama dengan Perancis, Jerman, serta Inggris yang dikutip dari AFP, Minggu (1/12). INSTEX yang berbasiskan di Paris berperan jadi instansi kliring yang memungkinan Iran terus jual minyak. Jadi timbal baliknya, Iran bisa mengimpor produk dari Uni Eropa.

Baca juga : Ada yang Ingin Ubah Jabatan Presiden Akan 3 Periode

Sampai sekarang, belumlah ada transaksi yang memakai skema itu. Dalam pengakuan itu, ke-3 negara yakini masuknya ke enam negara akan menguatkan INSTEX. Diluar itu, hal itu memperjelas usaha Uni Eropa untuk memfasilitasi perdagangan di antara Uni Eropa dengan Iran. Lewat INSTEX, Uni Eropa menekan Iran untuk patuhi komitmennya dalam kesepakatan nuklir yang disetujui pada 2015 kemarin.

1 thought on “Enam Negara Eropa Siap Pakai Pola Barter Dengan Iran

BACK TO TOP
Skip to toolbar