Eropa Luncurkan Satelit CHEOPS Untuk Dalami Dunia Alien

Eropa Luncurkan Satelit CHEOPS Untuk Dalami Dunia Alien

Satu misi planet ekstrasurya baru sukses mengeluarkan satelit Eropa, Rabu pagi, 18 Desember 2019, dalam usaha untuk lebih mengerti metrik dunia yang jauh. Wahana Eropa itu, yang disebutkan Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS), terlepas landas di atas roket Soyuz dari Guiana Ruang Center di Kourou, Guyana Prancis, pada jam 3:54 pagi EST (15:54 WIB). Soyuz sukses bawa CHEOPS ke orbit Bumi seputar 2,5 jam sesudah terlepas landas, kata perwakilan penyuplai peluncuran yang berpusat di Prancis, Arianespace, seperti diambil Ruang, 18 Desember 2019.

Beberapa satelit lain menumpang roket ini. Semua ditebar sesuai dengan gagasan seputar 4 jam sesudah peluncuran, hingga jadikan misi Arianespace ke-9 serta misi paling akhir 2019 ini usai. Misi penting CHEOPS ialah mempelajari bintang-bintang jelas serta relatif dekat yang didapati astronom punya planet yang mengorbitnya. Melihat planet-planet yang didapati mengorbit bintang-bintang mereka penting untuk lebih mengerti karakter khusus, seperti berapakah lama orbitnya serta berapa besar planet-planet itu.

Baca juga : Elliot Manajemen AC Milan Disarankan Jual Ke Investor Lain

Beberapa astronom tertarik untuk belajar mengenai kelayakhunian dunia yang jauh, yang beberapa bergantung pada apa satu planet berbatu (lebih dekat sama ukuran Bumi) atau berupa gas (lebih dekat sama ukuran Uranus, Neptunus, Saturnus atau Jupiter). “CHEOPS akan lakukan penilaian presisi tinggi ukuran planet waktu melalui di muka bintang inangnya,” catat petinggi Tubuh Antariksa Eropa (ESA) dalam gambaran misi. “Satelit ini akan konsentrasi pada planet-planet di rata-rata ukuran Bumi sampai Neptunus.”

CHEOPS akan lewat “cara transit”, mengukur berapa banyak bintang inang meredup saat satu planet melewati mukanya dari sudut pandang wahana itu. Ini ialah tehnik planet ekstrasurya yang teruji serta benar. Tehnik itu dipakai oleh teleskop luar angkasa pelopor NASA, Kepler, serta sekarang dipakai oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dari tubuh antariksa Amerika.

1 thought on “Eropa Luncurkan Satelit CHEOPS Untuk Dalami Dunia Alien

BACK TO TOP
Skip to toolbar