Iran Lebih Produksi Uranium, UE Paksa Supaya Diurungkan

Iran Lebih Produksi Uranium, UE Paksa Supaya Diurungkan

Penambahan produksi uranium yang sudah dikatakan petinggi Iran memetik tanggapan dari Uni Eropa (UE). Persatuan beberapa negara di Eropa itu memperingatkan supportnya untuk kesepakatan nuklir bergantung sikap Iran penuhi komitmennya. Head of Atomic Energy Organisation Iran, Ali Besar Salehi, menjelaskan pada Senin (5/11), telah meningkatkan produksi uranium jadi lima kg /hari. Jumlahnya itu jauh tambah tinggi dari dua bulan kemarin, yaitu 450 gr /hari.

Ketetapan Iran itu jadi satu dari beberapa sikap yang telah diperlihatkan berkaitan kesepakatan nuklir yang tidak terurus. Pada Mei lalu Iran sudah putuskan tunda beberapa loyalitas dalam kesepakatan, satu tahun sesudah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik diri dari kesepakatan itu selanjutnya kembali mengaplikasikan sangsi bikin Iran. Jubir untuk kepala diplomat UE Federica Mogherini, Maja Kocijancic, ungkap, penambahan produksi uranium telah diulas tetapi tanggapan berkaitan itu sedang menanti konfirmasi dari agen atom internasional UN.

Baca juga : Uni Eropa Tuntut Penyidikan Komplet Berkaitan Demonstrasi Hong Kong

“Kami sudah menekan Iran untuk menggagalkan beberapa langkah semacam itu tanpa ada penangguhan serta meredam diri dari beberapa langkah lain yang dapat mengakibatkan kerusakan kesepakatan nuklir,” kata Kocijancic dikutip dari AFP. “Kami sudah berkelanjutan menjelaskan loyalitas kami pada persetujuan nuklir bergantung kepatuhan Iran,” katanya . Selama ini Iran sudah memukul balik dengan tiga aksi serta meneror akan mengambil langkah lebih jauh jika partner yang masih ada dalam kesepakatan, Inggris, China, Prancis, Jerman, serta Rusia, tidak berhasil membantunya menghindarkan saksi AS.

1 thought on “Iran Lebih Produksi Uranium, UE Paksa Supaya Diurungkan

BACK TO TOP
Skip to toolbar